02/05/16

Edukasi Kependudukan: Menguak Fakta Fertilitas di Indonesia dan Amerika Serikat (Bagian II)

Artikel Kependudukan Indonesia
Perbandingan Angka Kelahiran Kasar atau Crude Birth Rate (CBR) Indonesia dan Amerika Serikat
Angka Kelahiran Kasar atau Crude Birth Rate (CBR) adalah suatu ukuran dasar fertilitas yang menggambarkan kelahiran per seribu penduduk. CBR memiliki pola berbeda dari tahun ke tahun sesuai keadaan masing - masing negara. Data pola CBR dan analisis CBR Indonesia dan Amerika Serikat akan dijelaskan sebagai berikut.

 

 Dapat dilihat dari grafik, bahwa pada tahun 1960 jumlah CBR di Indonesia berada pada posisi tertinggi yaitu 44,6 per seribu penduduk dan hampir mencapai dua kali CBR di negara Amerika pada tahun yang sama. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia memiliki kecenderungan tingkat fertilitas yang tinggi dibanding negara Amerika pada tahun – tahun awal.
Pola CBR menunjukkan kecenderungan untuk turun bagi negara Indonesia. Penurunan jumlah CBR di Indonesia disebabkan oleh adanya penerapan program Keluarga Berencana sebagai salah satu upaya menekan pertumbuhan penduduk. Pada awal pemberlakuan program ini hanya sebagian kecil masyarakat yang telah menggunakan alat kontrasepsi. Lambat laun kesadaran masyarakat akan perlunya penggunaan alat kontrasepsi semakin bertambah, sehingga angka CBR di Indonesia semakin turun. Menurut survei, penerapan program KB di Indonesia berhasil diterapkan.
Tidak hanya di Indonesia, CBR di negara Amerika juga mengalami fluktuasi setiap tahunnya. Pada tahun – tahun awal, pertumbuhan penduduk di negara maju seperti Amerika sudah mencapai angka yang rendah, sehingga perubahan yang terjadi selanjutnya tidak begitu besar. Penurunan tetap terjadi, tapi tidak setajam bila dibandingkan dengan penurunan yang terjadi di negara Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar